Thursday 16 March 2017


Soeara Rakjat, Kisah Misteri. Pocong, adalah hantu yang sangat ikonik di Indonesia dan dianggap nyata oleh sebagian orang. Di berbagai daerah di Indonesia khususnya pulau Jawa, keberadaan hantu pocong tak hanya menjadi cerita warga di pedesaan. Pocong juga sudah menjadi urban legend bagi masyarakat di perkotaan.

Pocong sendiri berawal dari mayat manusia yang dikafani saat meninggal dan kemudian dikuburkan. Namun karena kisah-kisah mistis yang masih melekat di tengah sebagian masyarakat, tak ayal cukup banyak cerita yang mengisahkan bangkitnya mayat karena satu dan lain hal.

Hantu inilah yang kemudian dikenal sebagai hantu pocong. Orang yang meninggal kerap dikisahkan bangkit kembali dan menjadi hantu pocong karena sebab meninggalnya yang tidak wajar. Terlebih jika orang tersebut meninggal karena dicelakai orang, maka pocong akan bangkit untuk membalas dendam.

Selain itu, beberapa riwayat menyebutkan jika tali pengikat kafan di bagian kepala dan kaki tidak dilepas maka sang mayat akan bangkit dan bergentayangan menghantui warga atau tetangganya, agar melepaskan ikatan kafannya.

Hal itu pernah diutarakan oleh seorang penghulu agama atau yang biasa disebut Lebe oleh masyarakat kampung. Suatu ketika, penghulu ini mengebumikan jenazah namun lupa melepas tali ikatan kain kafan sang mayat. Sejak itu, setiap malam Ia selalu didatangi dan mendengar suara tetangganya yang sudah meninggal tersebut.

Meski tak melihat hantu pocong secara nyata, namun penghulu ini merasa sangat yakin jika itu adalah suara tetangganya yang telah meninggal. Setelah kuburan digali dan tali ikatan dilepas, suara-suara yang datang setiap malam itu hilang dengan sendirinya. Sejak itulah hantu pocong mulai melegenda.

Bangkitnya hantu pocong juga telah menginspirasi lahirnya kisah-kisah horor baik itu novel, sandiwara radio, sinetron hingga film layar lebar. Selain itu, di media sosial juga sering kita jumpai baik itu cerita, foto maupun video terkait penampakan hantu pocong.

Salah satunya adalah video yang diunggah oleh seorang netizen yang menayangkan penampakan hantu pocong. Dalam video ini, disebutkan hantu pocong melakukan penampakan saat memasuki waktu maghrib. Pocong tersebut tertangkap kamera sedang berada di areal pesawahan.

Video ini begitu viral di jejaring sosial karena cukup banyak dibagi-bagikan oleh netizen. Video pocong ini bahkan sudah tayang hingga 1,5 juta kali. BDLV/TM


penampakan pocong terjelas pada saat adzan magrib
Dikirim oleh Da Al From West Sumatera pada 28 Juli 2015

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive